KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS II KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

DITE NOVITA ANSELA, LISNI (2022) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS II KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. skripsi thesis, Universitas Wijayakusuma.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER-LISNI DITE NOVITA ANSELA-18210104020-SKRIPSI-2022_1.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Legalitas] Text (Legalitas)
LEGALITAS-LISNI DITE NOVITA ANSELA-18210104020-SKRIPSI-2022_1.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK-LISNI DITE NOVITA ANSELA-18210104020-SKRIPSI-2022_1.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of BabI] Text (BabI)
BAB-I-LISNI DITE NOVITA ANSELA-18210104020-SKRIPSI-2022_1.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of BabII] Text (BabII)
BAB-II-LISNI DITE NOVITA ANSELA-18210104020-SKRIPSI-2022_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[thumbnail of BabIII] Text (BabIII)
BAB-III-LISNI DITE NOVITA ANSELA-18210104020-SKRIPSI-2022_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[thumbnail of BabIV] Text (BabIV)
BAB-IV-LISNI DITE NOVITA ANSELA-18210104020-SKRIPSI-2022_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[thumbnail of BabV] Text (BabV)
BAB-V-LISNI DITE NOVITA ANSELA-18210104020-SKRIPSI-2022_1.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of DaftarPustaka] Text (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-LISNI DITE NOVITA ANSELA-18210104020-SKRIPSI-2022_1.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas II
Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas II
Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan di
Puskesmas II Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan teknik penentuan informan adalah
purposive sampling. Berdasarkan data dan fakta penelitian serta hasil analisis
dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Aspek Bukti Langsung (Tangibles) : Penampilan pegawai rapi, pegawai
sudah displin dan melayani sesuai dengan aturan.
2. Aspek Kehandalan (Reliability): Pelayanan dari pegawai tidak bisa di
bilang cepat karena pada bagian pemeriksaan dan pengambilan obat
membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi untuk mendapatkan informasi
pelayanan di puskesmas mudah.
3. Aspek Daya Tanggap (Responsiveness) : Pelayanan yang diberikan sudah
cukup baik tetapi ada beberapa pegawai yang kurang ramah, sarana dan
prasana yang disediakan juga sudah cukup baik dan pelayanan yang
diberikan pegawai tidak berbelit-belit dan mudah dipahami.
4. Aspek Jaminan (assurance) : Pegawai sudah sopan, baik dan biaya yang
dikeluarkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan murah dan
terjangkau.
5. Aspek Empati (Empathy) : Pegawai memberikan pelayanan yang sama
kepada siapapun, tidak membeda-bedakan dan pegawai sudah
melaksanakan tugasnya sesuai dengan jadwal dan jam kerja.
Berdasarkan hasil kesimpulan, peneliti mengajukan beberapa implikasi
sebagai berikut :
1. Dikarenakan kurang cepatnya pelayanan diharapkan para pegawai bisa
lebih cepat lagi dalam melayani masyarakat agar masyarakat tidak
menunggu terlalu lama.
2. Dikarenakan pengambilan obat yang lama sebaiknya ditingkatkan sumber
daya manusia pada bagian apoteker.
3. Dikarenakan ada beberapa pegawai yang kurang ramah, sebaiknya mereka
lebih memahami bahwa tugas mereka memberikan pelayanan yang baik
dan nyaman agar masyarakat merasa aman.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan, Puskemas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan.unwiku2020@gmail.com
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:25
Last Modified: 01 Feb 2023 04:25
URI: http://repository.unwiku.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item
View Item