ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA TAHUN 2005-2020

EGA PRASETIYA, NANDA (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA TAHUN 2005-2020. skripsi thesis, Universitas Wijayakusuma.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER-NANDA EGA PRASETIYA-18310201567-SKRIPSI-2023_1.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Legalitas] Text (Legalitas)
LEGALITAS-NANDA EGA PRASETIYA-18310201567-SKRIPSI-2023_1.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK-NANDA EGA PRASETIYA-18310201567-SKRIPSI-2023_1.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of BabI] Text (BabI)
BAB-I-NANDA EGA PRASETIYA-18310201567-SKRIPSI-2023_1.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of BabII] Text (BabII)
BAB-II-NANDA EGA PRASETIYA-18310201567-SKRIPSI-2023_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of BabIII] Text (BabIII)
BAB-III-NANDA EGA PRASETIYA-18310201567-SKRIPSI-2023_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[thumbnail of BabIV] Text (BabIV)
BAB-IV-NANDA EGA PRASETIYA-18310201567-SKRIPSI-2023_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of BabV] Text (BabV)
BAB-V-NANDA EGA PRASETIYA-18310201567-SKRIPSI-2023_1.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of DaftarPustaka] Text (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-NANDA EGA PRASETIYA-18310201567-SKRIPSI-2023_1.pdf

Download (319kB)

Abstract

Ketimpangan pendidikan, ketimpangan pembangunan saran dan prasarana
infrastruktur di Indonesia masih jauh tertinggal. Pembangunan manusia dan ekonomi di
kawasan Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan kawasan barat Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Infrastruktur pendidikan, infrastruktur
Kesehatan, Infrastruktur jalan dan gender gap (angka buta huruf) terhadap ketimpangan
pendidikan di Indonesia pada tahun 2005-2020. Alat yang di gunakan dalam penelitian ini
yaitu regresi linear berganda dengan bantuan statistic Eviews 10.
Hasil penelitian menghasilkan temuan bahwa 1) Infrastrukur pendidikan
berpengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan pendidikan di Indonesia, 2)
Infrastruktur Kesehatan berpengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan pendidikan di
Indonesia, 3) Infrastruktur jalan berpengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan
pendidikan di Indonesia, 4) Angka buta huruf berpengaruh positif signifikan terhadap
ketimpangan pendidikan di Indonesia.
Implikasi dari penelitian ini adalah 1) pentingnya efektifitas pada pembangunan
manusia serta ekonomi terhadap ketimpangan kesejahteraan masyarakat desa maupun kota
di Indonesia. Pentingnya pembangunan yang insklusif dimana seluruh golongan masyarakat
mendapatkan kesempatan yang sama terhadap akses kesejahteraan melalui program
program yang disediakan oleh pemerintah, 2) pentingnya pembangunan sarana dan
prasarana desa maupun kota yang efektif dapat memberdayakan setiap masyarakat secara
mandiri melalui pengembangan sumberdaya yang ada guna meningkatkan kualitas hidup
yang lebih baik, 3) pemerintah diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas pendidikan
sesuai dengan kebutuhan daerah yang memiliki pengaruh terhadap perekonomian yang
sekarang maupun dimasa yang akan datang. Selain itu pemerintah juga harus berperan
penting dalam meningkatkan kegiatan ekonomi yang memiliki potensi-potensi yang ada.
Keterbatasan penelitian ini adalah varibael Infrastruktur pendidikan, infrastruktur kesehatan,
infrastruktur jalan, dan gender gap sebagai variable independen dan variable dependen yaitu
ketimpangan pendidikan yang terjadi di Indonesia pada tahun 2005-2020.
Kata Kunci : Infrastruktur Pendidikan, Infrastruktur Kesehatan, Infrastruktur Jalan, Buta
Huruf.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Infrastruktur Pendidikan, Infrastruktur Kesehatan, Infrastruktur Jalan, Buta Huruf.
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > S1 Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan.unwiku2020@gmail.com
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:24
Last Modified: 13 Jul 2023 03:24
URI: http://repository.unwiku.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item
View Item