Lugiono, Lugiono (2023) PERENCANAAN STRUKTUR JEMBATAN PRESTRESSED DI SUNGAI CIRAJA, KECAMATAN KARANGPUCUNG, KABUPATEN CILACAP. skripsi thesis, Universitas Wijayakusuma.
COVER-Lugiono-1741013040-Skripsi-2023 - Lugiono.pdf
Download (210kB)
LEGALITAS-Lugiono-1741013040-Skripsi-2023 - Lugiono.pdf
Download (9MB)
ABSTRAK-Lugiono-1741013040-Skripsi-2023 - Lugiono.pdf
Download (645kB)
BAB-I-Lugiono-1741013040-Skripsi-2023 - Lugiono.pdf
Download (359kB)
BAB-II-Lugiono-1741013040-Skripsi-2023 - Lugiono.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB-III-Lugiono-1741013040-Skripsi-2023 - Lugiono.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (376kB)
BAB-IV-Lugiono-1741013040-Skripsi-2023 - Lugiono.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB-V-Lugiono-1741013040-Skripsi-2023 - Lugiono.pdf
Download (6MB)
DAFTAR PUSTAKA-Lugiono-1741013040-Skripsi-2023 - Lugiono.pdf
Download (206kB)
Abstract
RINGKASAN
Jembatan Sungai Ciraja terletak di Desa Ciporos Kecamatan
Karangpucung yang membentang sepanjang 80 meter di atas Sungai Ciraja.
Penggantian Jembatan ini berdasarkan pada kondisi struktur dan bangunan
pendukungnya yang mengalami kerusakan yaitu adanya kerusakan pada bagian
abutment dan pada bangunan pendukung yang beberapa kali di lakukakn
perawatan pada dan pergantian untuk menahan arus yang mengakibatkan
terjadinya pengikisan tanah pada bagian samping jembatan. Pembangunan
jembatan Prestessed Sungai ciraja di harapkan dapat menjadi solusi bagi
masyarakat setempat dengan adanya kenaikan jumlah lalu lintas yang melintas
serta bisa menunjang ekonomi daerah untuk wilayah jalur lintas selatan terutama
wilayah kecamatan karangpucung.
Direncanakan menggunakan Jembatan Prestressed di Sungai Ciraja
dengan bentang 40 m x 2 m dan satu pilar ditengah bentang jembatan. Lebar
jembatan 7 m terbagi menjadi 2 jalur, lebar trotoar 1 m dikedua sisi jembatan.
Perhitungan pembebanan yang digunakan pada perencanaan jembatan ini
mengacu pada peraturan Perencanaan Struktur Beton untuk jembatan RSNI – T -
2004, Struktur Beton Bertulang SK –SNI – 15 – 1991 - 03, Pembebanan untuk
jembatan SNI T – 02 - 2005, Pembebanan untuk jembatan SNI 1725 - 2016 dan
Pedoman Perencanaan Pembebanan Jembatan Jalan Raya SKBI - 1.3.28.1987.
Direncanakan banguna atas, Pelat lantai komposit tebal 0.20 m, Panjang 80 m,
lebar 7 m. Trotoar tebal 0.20 m, panjang 80 m, lebar 1 m. Tiang sandaran tinggi 1
m, lebar 0.20 m, tebal 0.15 m. Deck slab panjang 7 m, lebar 1.10 m dan tebal 0.07
m. Pelat injak panjang 9 m , lebar 2.50 m dan tebal 0.20 m. Balok difragma
panjang 1.25 m, lebar 1.55 m dan tebal 0.20 m. Gelagar Prestressed Pos-tension I
tinggi 1.70 m, panjang 5 m dan lebar 0.70 m. elastometric bearing pad dengan
tebal lapis karet dalam 0.02 m. Direncanakan banguna bawah, Abutment tinggi
8.30 m, lebar 6 m dan panjang 10 m. Wing wall tinggi 7.10 m, lebar 3.45 m dan
tebal 0.60 m. Pilar tinggi 5.40 m, lebar 7 m dan panjang 10 m. Pondasi yang
digunakan berupa pondasi tiang pancang lebar diameter 50 cm kedalaman 12.20
m untuk abutment dan pondasi tiang pancang lebar diameter 50 cm kedalaman 11.00 m untuk pilar.
Kata kunci : Jembatan, Prestressed, Pos-tension
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jembatan, Prestressed, Pos-tension |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan.unwiku2020@gmail.com |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 06:48 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 06:48 |
URI: | http://repository.unwiku.ac.id/id/eprint/477 |