AMELIA PANGESTI, ANNISA (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURBALINGGA. skripsi thesis, Universitas Wijayakusuma.
COVER-Annisa Amelia Pangesti-18210104032-Skripsi-2022.pdf
Download (93kB)
ABSTRAK-Annisa Amelia Pangesti-18210104032-Skripsi-2022.pdf
Download (170kB)
LEGALITAS-Annisa Amelia Pangesti-18210104032-Skripsi-2022.pdf
Download (1MB)
BAB 1-Annisa Amelia Pangesti-18210104032-Skripsi-2022.pdf
Download (466kB)
BAB 2-Annisa Amelia Pangesti-18210104032-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (279kB)
BAB 3-Annisa Amelia Pangesti-18210104032-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
BAB 4-Annisa Amelia Pangesti-18210104032-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (581kB)
BAB 5-Annisa Amelia Pangesti-18210104032-Skripsi-2022.pdf
Download (93kB)
DAFTAR PUSTAKA-Annisa Amelia Pangesti-18210104032-Skripsi-2022.pdf
Download (168kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul : “Analisis Efektivitas Pelayanan Publik Berbasis
Online Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Purbalingga”. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan
metode kualitatif dengan penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan
menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan
mendeskripsikan kualitas pelayanan publik yang diberikan di Kantor Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga. Berdasarkan hasil
penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Aspek Transparansi pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Purbalingga menggunakan metode dalam menyampaikan
website Dindukcapil yaitu https://dinpendukcapil.purbalinggakab.go.id/,
atau bisa melalui aplikasi optima purbalingga yang bisa di download lewat
playstore.
2. Aspek Partisipasi pada pelayanan ini masyarakat memerlukan kebebasan
berpendapat, disediakan portal melalui media sosial dan website, disamping
secara konvensional Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Purbalingga menyediakan kotak saran yang ada di ruang
pelayanan sebagai wadah aspirasi bagi masyarakat, terutama untuk
mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Masyarakat akan memberikan
saran yang dapat membangun pelayanan di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga.
3. Aspek Efisiensi pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
kabupaten Purbalingga yaitu proses pelayanan para petugas berhubungan
dengan kecepatan petugas dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan
adanya program pelayanan secara online ini mendapatkan kesan baik dari
masyarakat, karena untuk pelayanan manual ke online itu bisa
mempermudah masyarakat untuk mengurusnya. Masyarakat tidak perlu
datang ke dindukcapil atau kecamatan karena bisa di akses dari rumah, bisa
melalui handphone atau laptop yang terkoneksi dengan internet.
Adapun implikasi dari penelitian ini adalah :
1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga perlu
lebih intens untuk melakukan sosialisasi maupun promosi terkait pelayanan
administrasi secara online.
2. Masyarakat pengguna layanan diharapkan agar lebih cermat dalam
menyiapkan kelengkapan berkas sebagai upaya mendapatkan pelayanan
yang cepat.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pelayanan Publik, Transparansi, Efisiensi, Partisipasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan.unwiku2020@gmail.com |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 06:50 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 06:50 |
URI: | http://repository.unwiku.ac.id/id/eprint/171 |