KIRANA, PUJA (2023) IMPLEMENTASI ASAS PERSAMAAN PERLAKUAN BAGI PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2020 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN PURBALINGGA. skripsi thesis, Universitas Wijayakusuma.
COVER-Puja Kirana-19110110530-Skripsi-2019 - puja kirana.pdf
Download (27kB)
LEGALITAS-Puja Kirana-19110110530-Skripsi-2019 - puja kirana.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK-Puja Kirana-19110110530-Skripsi-2019 - puja kirana.pdf
Download (15kB)
BAB-I-Puja Kirana-19110110530-Skripsi-2019 - puja kirana.pdf
Download (137kB)
BAB-II-Puja Kirana-19110110530-Skripsi-2019 - puja kirana.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (225kB)
BAB-III-Puja Kirana-19110110530-Skripsi-2019 - puja kirana.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (403kB)
BAB-IV-Puja Kirana-19110110530-Skripsi-2019 - puja kirana.pdf
Download (36kB)
DAFTAR PUSTAKA-Puja Kirana-19110110530-Skripsi-2019 - puja kirana.pdf
Download (160kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi asas persamaan
perlakuan dalam pelayanan publik pada bidang kesehatan di Rumah Sakit Umum
Daerah (RSUD) dr. R. Goeteng Taroenadibrata Kabupaten Purbalingga, dan untuk
mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat pihak rumah sakit dalam
penerapan asas persamaan perlakuan pada bidang kesehatan terhadap pasien rawat
inap pengguna layanan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan pasien
pengguna layanan umum. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dengan metode penelitian yuridis sosiologis, dan analisis data dalam
penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian di Rumah
Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Goeteng Taroenadibrata dalam memberikan
pelayanan kesehatan terhadap pasien rawat inap pengguna layanan BPJS (Badan
Penyelenggara Jaminan Sosial) dan pasien pengguna layanan umum, masih
terdapat perbedaan dalam pelayanan kesehatan terhadap pasien rawat inap
pengguna layanan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan pasien
pengguna layanan umum, yang membedakan yaitu pada fasilias kamar untuk pasien
rawat inap. Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Purbalingga Nomor 3 Tahun 2020
tentang Pelayanan Publik Pasal 4, telah jelas menyatakan bahwa tidak boleh adanya
perlakuan yang tidak sama (diskriminasi) dalam pelayanan publik, yaitu salah
satunya terkait pelayanan kesehatan. Meskipun demikian dalam pelaksaan
pelayanan kesehatan dengan menerapkan asas persamaan perlakuan terhadap
pasien, masih terdapat beberapa faktor yang menghambat. Faktor-faktor yang
menghambat pelaksanaan asas persamaan perlakuan dalam hal pelayanan
kesehatan terhadap pasien rawat inap pengguna layanan BPJS dan layanan umum
di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga
yaitu: sarana dan prasarana (fasilitas ruangan kamar), ketanggapan dan komunikasi
antara petugas (tenaga medis) dengan pasien.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Asas Persamaan Perlakuan, Pelayanan Publik |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan.unwiku2020@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:47 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:47 |
URI: | http://repository.unwiku.ac.id/id/eprint/421 |